Memuat...

April 16, 2020

Pemerintah Desa Optimalkan Peran Relawan Satgas Covid-19

Sebagai bentuk upaya percepatan penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pasuruan semakin gencar bersinergi dengan semua pihak. Baik dalam lingkup pemerintahan mulai dari Kecamatan, Pemerintah Desa, RT/RW, masyarakat maupun dengan stake holder lainnya.
Selain membentuk Posko Gugus Tugas Upaya Percepatan Penanganan Covid-19 yang terus memberikan pantauan di setiap harinya di laman http://covid19.pasuruankab.go.id/, kegiatan bersifat preventif melalui sosialisasi terus gencar dilakukan. Serta memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana cara mengantisipasi penyebaran. Berikut upaya penanggulangannya di masyarakat untuk memutuskan mata-rantai virus.
Pantauan Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, secara keseluruhan, semua lini saling bahu-membahu dalam melakukan kegiatan yang bersifat preventif untuk mencegah penyebaran virus di masyarakat. Seperti yang intens dilakukan oleh Pemerintah Desa Lajuk, Kecamatan Gondangwetan. Mengoptimalkan kinerja para tim Relawan Siaga Covid-19 dengan memberlakukan jadwal piket di Posko Covid-19 adalah satu diantaranya.    
Dalam konten berita yang diunggah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Setia Kawan di blog-nya http://kimdesalajuk.blogspot.com/ disebutkan bahwa Ketua Relawan Siaga Covid-19 sekaligus Kepala Desa Lajuk, M. Suudi juga memberlakukan jadwal piket malam untuk mengantisipasi dampak sosial yang berpotensi terjadi.
Di sisi lain, Pemerintah Desa Lajuk menyiapkan ruang isolasi dan ruang observasi yang ditempatkan di Posko Covid-19. Sekaligus tidak henti hentinya memberikan pengertian dan edukasi kepada warga tentang pentingnya hidup sehat, rajin cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan tidak keluar rumah jika tidak terlalu mendesak. Termasuk pengharusan memakai masker jika beraktivitas diluar rumah.
Hal yang sama juga dilakukan oleh Pemerintah Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen dan para aktivitas Relawan Siaga Covid-19 disana. Melalui konten berita di blog-nya http://kimindrokilo.blogspot.com/, KIM Indrokilo menceritakan bahwa pemasangan banner tentang himbauan Bupati Pasuruan agar masyarakat tetap beraktivitas di rumah selama pandemi Covid-19 dipasang di beberapa titik. Terlebih saat ini Kecamatan Prigen sudah masuk zona merah.
Berikut kegiatan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat misalnya di Dusun Dayu dan Lebak Sari yang dilakukan secara berkala setiap hari Minggu. Semuanya dikoordinasikan sampai di tingkat RT dan RW di masing-masing tempat.
Lalu bagaimana dengan yang dilakukan Pemerintah Desa lainnya? Kegiatan serupa juga dilakukan oleh Pemerintah Desa Prodo, Kecamatan Winongan bersama tim Relawan Siaga Covid-19. Dipimpin langsung oleh Kepala Desa Prodo, Lukman Hakim, penyemprotan disinfektan dimulai di sepanjang jalan, tempat umum, kantor, tempat ibadah, rumah warga serta sarana umum lainnya. Seperti yang diberitakan di blog KIM Prodo Makmur https://kimprodomakmur2020.blogspot.com/ juga lewat konten video di akun youtube-nya.
Tidak ingin ketinggalan dengan aksi sigap yang dilakukan di hampir semua Desa di Kabupaten Pasuruan, warga, BPD, LPMD dan tim Relawan Siaga Covid-19 yang dikoordinir Pemerintah Desa Ketegan, Kecamatan Rejoso-pun melakukan kegiatan yang sama. Mengutip konten berita di blog KIM Srawa Ketegan http://kimswaraketegan.blogspot.com/, penyemprotan merupakan upaya Pemerintah Desa Ketegan untuk mencegah Covid-19 masuk ke Desa Ketegan. Minimal, penyemprotan disinfektan bersifat preventif sekaligus upaya mitigasi penyebaran Covid-19 di lingkungan pemukiman penduduk. (Eka Maria)

Sumber berita : website kab Pasuruan

0 Comments:

Post a Comment