Memuat...

April 1, 2020

Antisipasi COVID 19, Pemerintah Desa Dayurejo Bentuk Posko Siaga COVID 19


DAYUREJO GOOD NEWS,---  Untuk Mengatisipasi penyebaran virus corona di Desa Dayurejo, Tiga Pilar Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan mengadakan sosialisasi pembentukan posko  siaga  cegah penyebaran COVID-19 dibalai Desa Dayurejo, Rabu(01/04/2020)

Hadir dalam acara tersebut Bhabinkamtibmas Desa Dayurejo Aipda Supandi bersama Babinsa Sertu Sunarko, Bapak Aang petugas surveilians dari UPTD Puskesmas Bulukandang, Ibu Evi Susilowati Bidan Desa serta kurang lebih 50 orang tokoh masyarakat Desa Dayurejo.

Kegiatan ini dilakukan untuk menindak lanjuti 20 poin penting yang dikeluarkan Pemkab Pasuruan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang salah satunya adalah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta menggencarkan perangkat Desa dan kelurahan untuk aktif membantu petugas kesehatan dalam mendata pendatang baik dari luar provinsi maupun lokal terkait adanya status  Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia.

Bhabinkamtibmas mengharapkan kerja sama perangkat desa dan lurah untuk mendukung dalam penanganan covid-19. Serta menyampaikan kepada Kepala Dusun, RT, RW agar membantu polri menyampaikan maklumat kapolri terkait pengumpulan massa kepada warganya.
Kepala Desa Dayurejo Bapak Wahono SPW menyampaikan bahwa dengan adanya posko Siaga di Balai Desa Dayurejo, Pemerintah Desa bisa mamantau pergerakan warga terutama yang baru datang dari luar kota maupun luar negeri khususnya zona merah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.
“Kami harapkan kerjasama dari semua warga jika ada sanak saudara yang baru datang dari luar kota agar melaporkan ke posko terpadu” Ucap Kepala Desa.
"untuk itu balai desa ini kita jadikan posko siaga"tambahnya.
Dalam rangkaian acara tersebut dibentuk juga petugas Desa siaga dan Kepala Desa bertindak langsung sebagai ketua Bapak Wahono SPW, bertindak sebagai wakil ketua BPD Bapak Bahruddin, dengan anggota seluruh Kepala RT dan RW juga Karang Taruna dan Lembaga Adat. Sedangkan posko siaga menggunakan Balai desa Dayurejo dan sudah disiapkan satu unit mobil ambulance untuk keadaan darurat.

Dalam kesempatan sebagai narasumber bapak Aang petugas surveilians menyampaikan secara detail proses atau tahapan pelaporan dan penanganan jika ada warga datang dari luar kota maupun luar negeri khususnya zona merah yaitu setiap warga pendatang wajib lapor ke RT/RW/Kader untuk kemudian dilanjutkan pelaporan ke posko untuk pendataan agar Pemerintah Desa bisa mamantau pergerakan warga tersebut.


*Struktur tanggap darurat covid-19 desa siaga Desa Dayurejo Kec. Prigen sbb:*

*1. Tim koordinasi*
- Kepala Desa Dayurejo
Bp. Wahono Spw.
- Bhabinkamtibmas Ds Dayurejo
Aipda Supandi
- Babinsa Ds Dayurejo
Sertu Sunarko

*2. Tim kesehatan*
- Petugas Surveilans Anggita Waya Karuniawan
- Bidan Ds Dayurejo
Amd.Keb. Ibu Evi Susilowati

*3. Tim EPI (Edukasi,Publikasi,dan Informasi) perangkat desa*
- Bp. Watrip
- Bp.  (mudin)
- Bp. Bahruddin
- KIM INDROKILO
- POKDAWIS PANJILARAS

*4. Tim lapangan*
- Linmas
Bp Sukardi
- RT dan RW se ds Dayurejo
- Kasun se ds Dayurejo

 


x
x

0 Comments:

Post a Comment