Memuat...

April 4, 2019

Lomba Desa | Tinjau Lapang Evaluasi Perkembangan Desa dan Gotong Royong Desa Dayurejo 2019



Dayurejo, Good News,- Dalam rangka penilaian lomba desa se Kabupaten Pasuruan, Camat Prigen Mujiono, S.Sos,M.Si. bersama rombongan tim penilai beranjak ke Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Kamis (04/04/2019). Warga Desa Dayurejo antusias menyambut rombongan dengan berbagai tampilan yang ada di Desa Dayurejo.

Beberapa susunan penyambutan dari jarak 1 Km dari balai Desa Dayurejo sudah berbaris siswa siswi Sekolah Dasar dan Mi disepanjang jalan menuju Balai Desa. Tidak hanya itu, ditengah perjalanan menuju Balai Desa, rombongan tim juri yang berjalan dibelakang barisan Paskibra ini disambut beberapa kesenian mulai dari Drumband anak TK, Pencak Silat, Terbang Gandul, dan disambut pemberian bunga saat tiba di Balai Desa. Sesaat setelah tim juri menempati tempat yang telah disediakan, ditampilkan sebuah tarian khas Jawa Timur yaitu Tari Remo yang dibawakan oleh siswi dari SDN Dayurejo 2.

Dalam sambutannya Camat Prigen Mujiono, S.Sos,M.Si. menyampaikan bahwa Desa Dayurejo adalah salah satu desa di antara Kecamatan Prigen  yang mendapat kepercayaan mengikuti lomba desa tingkat kabupaten. “Lomba desa ini adalah salah satu ajang pemerintahan desa supaya tercipta suasana desa bersih dan indah.” ujar Mujiono. 
"Untuk itu saya berharap kepada seluruh kepala desa yang ada di Prigen  agar selalu menjaga kebersihan di setiap desanya. jangan hanya ketika ada lomba desa baru dibersihkan. Kebersihan itu adalah sebagian dari iman." urainya.


Sementara itu Kepala Desa Dayurejo Wahono SPW. menyampaikan terimakasihnya kepada Pemerintah Kecamatan Prigen yang telah mendampingi dalam persiapan acara ini. “Terimakasih banyak kepada Pemerintah Kecamatan yang telah mendampingi kami untuk pesiapan ini.” Ungkapnya.

“Juga tidak lupa kepada warga Dayurejo khususnya kepada semua instansi maupun kelompok juga para para pemuda kami yang dalam persiapan ini sampai lembur sampai malam berada di Balai Desa ini”. Imbuhnya. Mengingat dalam acara ini melibatkan semua elemen yang ada di Dayurejo.

Dalam pemaparan dari hasil Tinjau Lapang, tim juri yang diwakili oleh Ahmad Hadi Khoirul Anam yang di panggil Hadi menyampaikan maksud dari lomba desa ini,” Penilaian ini bukan hanya sebatas seberapa besar nilainya tetapi lebih bertujuan untuk mengetahui efektivitas tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan dalam dua tahun terakhir. Dengan adanya penilaian lomba tersebut sedini mungkin dapat diketahui kekurangan yang dimiliki kelurahan baik kekurangan dibidang kemasyarakatan, pemerintahan maupun kewilayahan, sehingga terhadap kekurangan tersebut kelurahan akan mampu memperbaiki diri dan mengisi kekurangan tersebut dengan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak terkait lainnya.” Ungkapnya,

Lebih lanjut Hadi menegaskan “kekurangan yang ada di kelurahan bukanlah kekurangan yang harus disembunyikan akan tetapi harus menjadi perhatian kita bersama untuk terus melakukan pembinaan diberbagai aspek dengan tidak henti-hentinya dan berkelanjutan.” Urainya diselah pemaparan hasil penilaian.Sebagai penutup Hadi juga mengaprisiasi kinerja Kepala Desa Dayurejo dalam masa kepemimpinannya selama 2 Tahun,”Dari hasil pengamatan kami untuk Dayurejo ini hanya satu kata ‘SEMPURNA’........ apalagi melihat kinerja Kepala Desa Dayurejo saat ini masih berjalan 2 Tahun. Kami berharap semoga Desa Dayurejo mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa menjuari Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten dan kedepannya mampu menjadi motivasi bagi Desa-desa di Kabupaten Pasuruan dan Propinsi Jawa sehingga dapat memacu masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan menuju tercapainya kesejahteraan masyarakat. 












Author : Santoso

0 Comments:

Post a Comment