Memuat...

March 6, 2020

Dokter Asih : Semua Ibu Hamil Wajib Melakukan ANC


Untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, UPTD Puskesmas Bulukandang menggelar sosialisasi Antenatal Care (ANC) Terpadu. Bertempat di Balai Desa Dayurejo kecamatan Prigen kabupaten Pasuruan, Jumat 06/03/2020.
Hadir dalam acara tersebut Dokter Asih Suryantini dari UPTD Puskesmas Bulukandang sebagai narasumber yang di ikiuti oleh kurang lebih 30 orang peserta terdiri dari kepala Desa Dayurejo bapak Wahono SPW. dan unsur Perangkat Desa Dayurejo, Bidan Desa Ibu Evi Sulistyowati, PKK, Kader Posyandu se-Desa Dayurejo serta tokoh masyarakat yang tampak antusias mengikuti acara.
Acara yang dimulai pada pukul 09.00 wib dan dibuka langsung oleh Kepala Desa menghimbau kepada peserta yang hadir untuk mengikuti sepenuhnya agar bisa di aplikasikan kepada masyarakat "Terimakasih kepada pihak UPTD Bulukandang yang mengadakan sosialisasi ini, dan saya harap semua yang hadir bisa mengikuti sepenuhnya agar bisa di aplikasikan kepada masyarakat terutama ibu-ibu" Sambutnya. "Jadi semua ibu hamil wajib melakukan ANC di puskesmas"tegasnya.
beliau juga menghimbau agar masyarakat tetap selalu menjaga kesehatan "Dan saya himbau kepada seluruh masyarakat Dayurejo umumnya agar tetap selalu menjaga kesehatan"tambahnya.

Sebagai narasumber Dokter Asih menyampaikan pentingnya ANC pada masa kehamilan "Kehamilan menjadi masa penting untuk menentukan kesehatan ibu dan bayi yang akan dilahirkan. Tapi tidak semua kehamilan merupakan hal yang direncanakan dan adanya berbagai masalah saat kehamilan yang beresiko" Ungkapnya
"Semua potensi dan resiko kehamilan dapat dideteksi melalui Antenatal Care (ANC) terpadu di Puskesmas"Lanjutnya

Pemeriksaan ANC (Antenatal Care) merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk Memantau kemajuan proses kehamilan demi memastikan kesehatan pada ibu serta tumbuh kembang janin yang ada di dalamnya. Mengetahui adanya komplikasi kehamilan yang mungkin saja terjadi saat kehamilan sejak dini, termasuk adanya riwayat penyakitdan tindak pembedahan.  Meningkatkan serta mempertahankan kesehatan ibu dan bayi. Mempersiapkan proses persalinan sehingga dapat melahirkan bayi dengan selamat serta meminimalkan trauma yang dimungkinkan terjadi pada masa persalinan. Menurunkan jumlah kematian dan angka kesakitan pada ibu. Mempersiapkan peran sang ibu dan keluarga untuk menerima kelahiran anak agar mengalami tumbuh kembang dengan normal. Mempersiapkan ibu untuk melewati masa nifas dengan baik serta dapat memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

Dipenutup acara Dokter Asih menyampaikan bahwa pihak UPTD Bulukandang akan mengadakan program jemput bola dalam pelayanan ANC "agar semua ikut dan tidak ada yang lepas dari ANC kami juga akan mengadakan program jemput bola dengan mengadakan pelayanan ANC  turun langsung ke Desa"Pungkasnya.

0 Comments:

Post a Comment