Memuat...

August 19, 2020

Telusuri Malam Satu Suro Di Pertapaan Indrokilo

 DAYUREJO NEWS,--- Sudah menjadi tradisi setiap memasuki tahun baru Hijriyah atau biasa dikenal dengan bulan Suro, tempat wisata spiritual Pertapaan Indrokilo selalu ramai dikunjungi warga.


Kawasan yang berlokasi di Dusun Talunongko Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan itu dipercaya memiliki kekuatan mistis, terutama setiap malam Suro. Terbukti tempat tersebut selalu dipadati ratusan pengunjung dari berbagai daerah tidak hanya dari wilayah Pasuruan tetapi luar daerah seperti dari Blitar sampai Djogja. Pada pergantian tahun 1442 Hijriyah kali ini, kawasan Pertapaan Indrokilo juga kembali dibanjiri pengunjung sejak siang hari tadi (Rabu, 19/08/2020).


Menjelang tengah malam, para pengunjung langsung menuju beberapa tempat yang dianggap memiliki kekuatan magis. Di antaranya Pertapan Setinggil, Eyang Begawan Mintorogo, Eyang Kabul atau Sri menganti dan Peristirahatan Soekarno.


Menariknya, ritual semedi atau menenangkan diri tersebut dilakukan pengunjung tepat tengah malam meski hawa dingin. Menurut pengakuan dari salah satu warga setempat, ritual yang mereka lakukan memiliki tujuan masing-masing dengan semedi atau menenangkan diri mengheningkan cipta kepada Sang pencipta untuk lebih khusuk.

“Di sini kita hanya berdoa minta berkah dan kesehatan kepada Maha Kuasa, dengan semedi supaya bisa lebih dekat mengheningkan diri kepada Tuhan” terangnya


Kemudian dari penelusuran ketika mengunjungi Pertapaan Indrokilo, dari sinilah terlihat mereka meditasi sambil menyalakan hio atau sejenis dupa.


Menurut peziarah, semedi setiap malam suro ke Pertapaan Indrokilo  merupakan meditasi dengan harapan yang menjadi permintaan dapat lancar dan berkah.

“Di sini pengunjung mempunyai berbagai permintaan untuk dikabulkan dari Yang Maha Kuasa. Seperti minta kesehatan, keselamatan dan masih banyak lagi. Dan jangan dianggap di Petapaan ini melakukan hal-hal yang menyimpang,” jelasnya.

Memang suasana Pertapaan Indrokilo yang berbeda di ketinggian 1300 MDPL ini memberikan hawa yang sejuk dan panorama alam yang indah sehingga siapapun yang datang pasti akan merasakan ketenangan.

0 Comments:

Post a Comment