Memuat...

November 7, 2019

BAKORWIL III JATIM GELAR WORKSHOP INFOGRAFIS UNTUK KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) PASURUAN

Narasumber dari GNFI Bapak Ahyari Hananto
Infografis semakin populer belakangan ini dan semakin banyak digunakan dalam urusan bisnis, baik dalam bentuk digital maupun cetak. Secara umum, infografis bisa dijelaskan sebagai presentasi informasi visual yang menggunakan elemen-elemen desain untuk menampilkan konten informasi. Untuk itu Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan III Provinsi Jawa Timur Malang menyelenggarakan East Java Super Corridor – EJSC bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Wiayah Kabupaten / Kota Pasuruan, Kamis (07/11/2019). Acara yang dilaksanakan di Hotel Horison Pasuruan tersebut menggandeng Dinas Kominfo Kab Pasuruan dan Kota.
Hadir dalam acara terebut Kabid Kominfo Kabupaten Pasuruan Bu Tri Krisni Astuti, Perwakilan Bakorwil III Bapak Fendi Agung Nugroho, dan di ikuti oleh kurang lebih 50 peserta dari Kelompok Informasi Masyarakat antara lain KIM Visit Pandaan, KIM Arjuna Jatiarjo, KIM Indrokilo Dayurejo dan sejumlah KIM yang ada di Pasuruan.

Dalam sambutan pembuka bapak Fendi menyampaikan tujuan kegiatan “Tema Infografis yang Informatif dan Solutif bertujuan untuk meningkatkan SDM anggota KIM demi mewujudkan Visi Misi Gubernur Jawa Timur yang tertuang dalam Nawa Bhakti Satya atau 9 Program Kerja Provinsi Jawa Timur” ungkap Fendi Agung Nugraha, AKS, MAP dari Bakorwil Malang.
Pada kesempatan yang sama Bu Krisni menambahkan “dengan adanya infografis akan mengurangi banner banner dipinggir jalan yang merusak pandangan” jelasnya.

Materi yang disampaikan pada workshop ini meliputi pembuatan infografis dan presentasi profesional. Materi yang disampaikan secara sistematis dan terstruktur oleh narasumber yang berpengalaman dari GNFI Bapak Ahyari Hananto dan Bapak Juang Muhamad Nugroho
Materi sesi pertama infografis meliputi pengenalan infografis, penggunaan tool (perkakas) Infogr.am dan Pictochart, membuat title, subtitle, dan quote, melakukan setting canvas dan background, menampilkan berbagai bentuk gambar ke dalam infografis, menampilkan animasi dan video ke dalam infografis, penggunaan tool map di dalam infografis, dan mempublikasikan infografis ke berbagai media. Materi sesi kedua presentasi profesional meliputi teknik pembuatan slide presentasi secara efektif dan efisien

Bapak Ahyari Hananto menyampaikan harapan agar semua peserta dapat memanfaatkan hasil workshop ini sebaik mungkin, dan ilmu yang didapatkan bisa digunakan dalam mendukung pekerjaan sehari-hari.
Dari hasil pelatihan dapat disimpulkan Infografis melalui medsos dapat mengurangi banner dipinggir jalan yang merusak pemandangan, dengan adanya GIG-ekonomi menambah peluang kerja yang tak menyita banyak waktu dan infografis adalah solusi untuk meringkas waktu karena nilai baca mulai menurun.

0 Comments:

Post a Comment