Memuat...

March 18, 2018

KESAYAN

KESAYAN

KESAYAN Renovasi rumah dinas pehutani Dayurejo

Kegiatan yang satu ini tergolong adat yang masih menjadi bagian tradisi warga masyarakat Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

KESAYAN yang mewujudkan bentuk kebersamaan dan gotong royong warga desa untuk saling membantu secara berkelompok ini terlihat ketika salah seorang warga mengadakan perbaikan atau membangun rumah tinggal mereka, warga sekitar berbondong-bondong untuk membantu mengerjakan supaya cepat selesai.

Kepala Desa Dayurejo (KADES) Bapak Wahono pun menyatakan merasa bangga atas kerukunan warganya dalam hal tersebut (Kesayan).

Ditemui ditempat Kesayan ketika itu ada perbaikan rumah dinas PERUM PERHUTANI Dayurejo, Kades yang baru dilantik 29 Desember 2017 itu mengatakan "kami kalau sudah Kesayan seperti ini tidak membawa nama atau jabatan, artinya kita semua sama, waktu angkat pasir ya angkat pasir, waktu pasang genting ya kita pasang genting Ndak ada yang berpangku tangan" ujarnya sambil membawa genting untuk atap ditangannya.


Salah seorang warga juga menyatakan bersyukur bisa hidup di desa seperti ini karena masih banyak warga yang saling gotong royong.
Proses pasang atap (Genteng)

Terlihat dari cara mereka bekerja sampai saat makan bersama-sama memang menunjukkan kalau warga Dayurejo ini masih konsisten menjaga adat yang merupakan salah satu kebudayaan di Desa ini.
Semoga tetap terjaga kebersamaan mereka untuk kesejahteraan bersama.

0 Comments:

Post a Comment